Pengembangan Kapasitas SDM TIK: Kunci Utama Smart City Tangerang Selatan


GADING SERPONG, WEB TANGSEL - Dalam rangka mewujudkan Kota Tangerang Selatan menuju Smart City, Dinas Komunikasi dan Informatika Kota Tangsel mengadakan kegiatan pengembangan kapasitas SDM TIK Kota Tangerang Selatan yang berlokasi di Hotel Ibis, Gading Serpong, Kabupaten Tangerang, Rabu (9/8/2017).

Kegiatan tersebut dihadiri langsung oleh Walikota Tangerang Selatan, Airin Rachmi Diany, SH, MH; Kepala Dinas Komunikasi dan Informatika, Drs. H. Ismunandar, MM, Kepala Bidang Smart City pada Diskominfo, Sodikin, S.Pd, M.Si; para narasumber dan peserta yang terdiri dari seluruh OPD Tingkat Kota Tangerang Selatan.

Kepala Bidang Smart City pada Diskominfo, Sodikin dalam laporannya mengatakan bahwa tujuan diselenggarakannya kegiatan ini adalah untuk peningkatan kualitas sumber daya manusia sebagai salah satu elemen penting terhadap implementasi Smart City yang juga selaras dengan visi dan misi Kota Tangerang Selatan. “sesuai visi dan misi Kota Tangerang Selatan yaitu mewujudkan Tangerang Selatan Kota yang cerdas, berkualitas, dan berdaya saing berbasis teknologi dan inovasi,” tutur beliau kala menyampaikan sambutan kepada hadirin. Selain itu, upaya yang dilakukan pemerintah Kota Tangerang Selatan terhadap pengembangan SDM ialah mendorong, memotivasi, dan melatih para SDM agar dapat menerapkan penyelenggaraan pemerintahan yang cerdas.

Dikesempatan yang sama, Walikota Tangerang Selatan, Airin Rachmi Diany dalam sambutannya menyambut baik adanya kegiatan ini sebagai langkah menuju “Smart City”. menurutnya, Smart City bagi Kota Tangerang Selatan bukan hanya adanya berbagai macam aplikasi tetapi yang paling penting adalah bagaimana sebagai aparatur Pemerintah Kota Tangerang Selatan dapat menyelesaikan permasalahan kota, salah satunya dengan tersedianya SDM untuk menjalankannya.

Airin berharap Pengembangan Kapasitas SDM menjadi solusi serta langkah terhadap permasalahan perkotaan seperti kemacetan, sampah, lingkungan serta menciptakan ekosistem kreatif di bidang teknologi demi terlaksananya kota cerdas di Tangerang Selatan.

“Tersedianya kualitas SDM yang handal (Smart People) yang mampu memanfaatkan kemajuan teknologi dan informasi akan menyukseskan implementasi konsep Smart City itu sendiri”, ungkap Airin.(humas_kominfo/SCHO)