Pilihan Bahasa ID | EN

A PHP Error was encountered

Severity: Warning

Message: include(menu2.php) [function.include]: failed to open stream: No such file or directory

Filename: core/header.php

Line Number: 73

A PHP Error was encountered

Severity: Warning

Message: include(menu2.php) [function.include]: failed to open stream: No such file or directory

Filename: core/header.php

Line Number: 73

A PHP Error was encountered

Severity: Warning

Message: include() [function.include]: Failed opening 'menu2.php' for inclusion (include_path='.:/usr/lib/php:/usr/local/lib/php')

Filename: core/header.php

Line Number: 73

Tanggal : 2014-09-21 17:05:52

Rencana Strategis DPKP Merevitalisasi KTA

Jumat, 2 Maret 2012 | 10:00 WIB

a

RENCANA STRATEGIS DPKP MEREVITALISASI KTA

Setu, Tangerang Selatan - Dinas Pertanian dan Ketahanan Pangan (DPKP) Kota Tangerang Selatan, tengah membuat program revitalisasi bagi Kelompok Tani Andalan (KTA) yang menjadi warga binaan untuk memonitoring dan memperkuat kelembagaan agar lebih efektif. Regulasi ini mengacu pada Peraturan Menteri Pertanian (Permentan) Nomor 45 Tahun 2011 tentang Tata Hubungan Kerja antara Kelembagaan Teknis, Penelitian dan Pengembangan kelompok tani di seluruh Kabupaten/Kota di Indonesia.

"Berdasarkan hasil verifikasi yang telah dilakukan oleh Tim Penyuluh, diketahui terdapat 330 kelompok tani," ungkap Kepala Bidang Pertanian DPKP Kota Tangerang Selatan - Mispan, kepada web Tangsel di sela-sela Rapat Kerja Rencana Strategis di Graha Widya Bhakti, Puspiptek, Kamis, 1 Maret 2012.

Mispan menjelaskan, didalam revitalisasi tersebut nantinya kelompok tani dibagi ke dalam empat kategori, diantaranya pemula, lanjutan, madya dan nasional. Pemilahan terhadap setiap kelompok tani diterapkan agar bantuan yang disalurkan oleh Pemerintah Daerah tepat sasaran, efektif dan efisien. Oleh karena itu, lanjut Mispan, pemberian bantuan akan dilakukan secara selektif dan obyektif yakni dengan memeriksa kelengkapan administrasi dan titik lokasi kelompok tani dalam mengembangkan kegiatannya, baik dibidang holtikultura, pertanian dan perikanan.

"Sebelum kita memberikan bantuan akan dicek dulu, paling tidak dari sisi administrasi. Minimal harus disahkan oleh Lurah dan diketahui Camat setempat. Sedangkan bantuan yang biasa diberikan Pemerintah Daerah biasanya berupa bibit sesuai dengan lahan garapan di kelompok tani tersebut. Bukannya uang tunai," terang Mispan.

Dia menjabarkan, berdasarkan pandangan dari Direktorat Jenderal Tanaman Pangan, ada tiga kategori sifat yang kadung melekat di dalam setiap kelompok tani, antara lain jenis merpati, pedati dan sejati. Kelompok jenis merpati memang ada, tapi muncul hanya saat program bantuan dari pemerintah turun dan setelah diberikan menghilang tanpa menunjukan hasil nyata. Sedangkan jenis pedati, kelompok ini selalu mengikuti arus yang strategis untuk bisa mendapatkan bantuan pemerintah, tapi hasilnya dipertanyakan. Terakhir jenis sejati, kelompok ini secara legalitas formal ada dan kegiatan serta hasilnya bukti secara ternyata.

Kelompok tani sejati bahkan kecendrungannya tidak mengharapkan bantuan dari Pemerintah. Kelompok ini sudah mampu dan mandiri dalam mengelola kegiatannya. Mispan menambahkan, Pemerintah Kota Tangerang Selatan berharap para warga binaan yang telah ada mampu mengikuti jejak Kelompok Tani Mina di Pamulang yang bergerak dibidang perikanan dan berhasil meraih gelar juara ketiga tingkat nasional.  Arah kebijakan kelompok tani seperti ini  ini bisa mewujudkan pertanian tangguh untuk pemantapan ketahanan pangan, peningkatan nilai tambah dan daya saing produk serta peningkatan kesejahteraan petani.

"Dirjen Tanaman Pangan telah membagi tiga sifat dan menyatakan kesiapannya memberikan bantuan dengan catatan tidak salah sasaran. Seperti pak Cecep di Pamulang meski sudah juara ketiga di tingkat nasional tapi juga perlu mendapatkan perhatian dan pembinaan secara efektif, agar terus meningkat prestasinya dan tidak mati suri atau tenggelam," terangnya. (bpti-ts)

Copyright © 2011
Situs Resmi Pemerintah Kota Tangerang Selatan. Dilindungi oleh Undang-undang.
Dikelola oleh Bagian Pengelola Teknologi Informasi Pemerintah Kota Tangerang Selatan.
Email:info@tangerangselatankota.go.id