Pilihan Bahasa ID | EN

A PHP Error was encountered

Severity: Warning

Message: include(menu2.php) [function.include]: failed to open stream: No such file or directory

Filename: core/header.php

Line Number: 73

A PHP Error was encountered

Severity: Warning

Message: include(menu2.php) [function.include]: failed to open stream: No such file or directory

Filename: core/header.php

Line Number: 73

A PHP Error was encountered

Severity: Warning

Message: include() [function.include]: Failed opening 'menu2.php' for inclusion (include_path='.:/usr/lib/php:/usr/local/lib/php')

Filename: core/header.php

Line Number: 73

Tanggal : 2014-09-17 10:28:51

Pemkot Tangsel dan BPPT Tandatangani MoU

Jumat, 20 Juli 2012; 09:20 WIB

Setu, Web Tangsel - Pemerintah Kota Tangerang Selatan (Pemkot Tangsel) dan Badan Pengkajian dan Penerapan Teknologi (BPPT) bekerjasama dalam mengembangkan sistem inovasi daerah. Seluruh ilmu dan hasil-hasil riset yang telah dilaksanakan laboratorium teknologi nasional tersebut nantinya akan dikembangkan, diterapkan, dan dimasyarakatkan oleh jajaran di Satuan Kerja Perangkat Daerah (SKPD).

"Puspiptek di mana di antaranya ada BPPT telah menjadi aset nasional kebanggaan Kota Tangerang Selatan. Puspiptek merupakan bagian dari ikon Kota Tangerang Selatan" kata Walikota Airin Rachmi Diany, di Auditorium Gedung Teknologi 2 Puspiptek, Kamis, 19 Juli 2012.

Melalui kerjasama yang telah dituangkan dalam nota kesepahaman atau MoU ini, terang Walikota Airin, seluruh SKPD terkait dapat memanfaatkan hasil riset teknologi untuk dikembangkan menjadi bagian dalam program kerja. Seperti di sektor pertanian yang bisa mengembangkan budidaya ikan air tawar dan pengembangan bibit tanaman unggul. Demikian pula dalam hal pembuatan kompos. Warga yang mengelola Tempat Pengelolaan Sampah Terpadu (TPST) yang telah dibangun pemerintah daerah di sejumlah wilayah, sangat memerlukan teknologi sederhana dan efektif dalam rangka mengelola sampah menjadi kompos yang memiliki nilai jual tinggi.

Masih menurut Walikota Airin,  Dinas Kesehatan juga dapat menimba ilmu dalam mengembangkan pembuatan obat-obatan herbal. Dinas pendidikan bisa membuat kurikulum kegiatan belajar mengajar pengembangan teknologi bagi para peserta didik dan menjadikan Puspiptek sebagai lokasi kunjungan bagi para siswa.

"Anak-anak merupakan aset dan kebanggaan kita semua. Harapan kita bersama, bagaimana anak-anak dapat lebih baik dari kita. Dengan pendidikan berkualitas yang mereka miliki," jelasnya.

Kerjasama berjenjang dan berkelanjutan di bidang pengembangan teknologi ini sudah menjadi hal penting. Dimana perkembangan jaman menuntut setiap sumber daya manusia, khususnya di Kota Tangerang Selatan mampu dan siap menerapkan teknologi di berbagai bidang.

"Semoga kerjasama ini dapat dimanfaatkan dengan sebaik-baiknya. Sehingga Kota Tangerang Selatan bisa lebih maju dan berkembang sesuai dengan pengetahuan teknologi yang sudah berkembang semakin pesat pula," papar Walikota Airin.



"Bukan tidak mungkin Jerman yang bisa membuat daerah teknopolitan juga bisa diterapkan di Tangerang Selatan karena letak laboratorium teknologi nasional ada disini," utara Marzan.

Apalagi jika melihat dari sisi potensi SDM terdidik yang banyak terdapat di Tangerang Selatan. Lanjut Marzan, peluang tersebut sangat mungkin dapat direalisasikan. Potensi yang ada, cukup untuk bisa menyusun pembangunan yang berdasarkan pada perkembangan teknologi. Tinggal bagaimana bisa mengelola dengan pebisnis dan lembaga perguruan tinggi.

BPPT juga memiliki pengalaman dalam membangun sistem informasi daerah, seperti di Jembrana yang menerapkan sistem layanan satu loket. Di sana sudah ditetapkan waktu yang dibutuhkan dan biaya yang perlu dikeluarkan dalam sistem pelayanan. Pada kenyataannya, sistem pelayanan yang mudah dan transparan tersebut mampu meningkatkan PAD. Jembrana jadi proyek percontohan KTP Elektronik. Bahkan, 79 kali pemilihan kepala dusun menggunakan KTP elektronik.

"Kita berharap MoU ini dapat berjalan dengan menjalin kebersamaan, kolaborasi dengan membangun. Saya berharap Kota Tangerang Selatan melakukan pembangunan yang berlandaskan pada teknologi," ujarnya.

Dalam penandatanganan MoU tersebut, juga turut dihadiri oleh Wakil Walikota Tangerang Selatan - Benyamin Davnie, Kepala Badan Penelitian dan Pengembangan Daerah Provinsi Banten, dan sejumlah pimpinan SKPD. Serta pejabat tinggi di BPPT dan Direktor Research and Community Outreach Universitas Multimedia Nusantara - M Winarno, yang pada waktu yang bersamaan juga menandatangani nota kepakatan kerjasama dengan lembaga riset nasional tersebut. (bpti-ts)

Copyright © 2011
Situs Resmi Pemerintah Kota Tangerang Selatan. Dilindungi oleh Undang-undang.
Dikelola oleh Bagian Pengelola Teknologi Informasi Pemerintah Kota Tangerang Selatan.
Email:info@tangerangselatankota.go.id